Minggu, 25 Desember 2011

Manfaat Buahan untuk Kesembuhan Penyakit

1001 Manfaat Buah-Buahan
Buah-buahan memang terbukti banyak sekali manfaatnya. Berikut beberapa jenis buah dan manfaat terkandung.

APEL:
Kombinasikandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asamoksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia ang kuat tapi aman"melepaskan" kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendapberhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zatpektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dantriglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

ALPUKAT
Kandungankalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadisumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi.

PISANG
Dagingbuah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usussehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karenadaging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus.

BELEWAH
Kandunganbeta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradanganjaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyaifungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa hingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makananyang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatiryang berlebihan.

JERUK
Saribuah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selainmenstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendirdi tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibatinfluenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memilikigangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.

KURMA
Kandungangula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Bahkan ada legenda bahwa Nabi Muhammad SAW berbuka puasa hanya dengan 3 butir kurma, tentunya yang berkualitas tinggi. Kandungangula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsibuah ini.

PEPAYA DAN MANGGA
Juscampuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzimyang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam   Jus mangga sendiri dapatmengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepayamelancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

PEAR
Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asamyang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyakdan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruknipis.

NANAS
Enzimbromealin dalam nanas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan sehingga juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakanyang dibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangandaging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.

DELIMA:
DiIrak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Memakandengan perlahan-lahan buah delima dan mengeluarkan bijinya dapatmenjernihkan suara yang serak dan menghindari kekeringan tenggorokan.Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membiuscacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga merekadapat dikeluarkan melalui air besar. Cara ini sudah biasa digunakanoleh penduduk Mesir dan Vietnam.

TOMAT:
Justomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengancepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan danmerangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna denganbaik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia(kehilangan nafsu makan).

SEMANGKA:
Terlalubanyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan,kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandunganasamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka  akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagipenderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

KELENGKENG:
Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric,vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secarateratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihanrambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar. Awas,konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING:
Meminumatau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuranbelimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencingbatu.

LECI:
Selainkandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah lecipada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

KELAPA:
Airkelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan dagingnyaselain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dantentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan sertadiabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racundalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa mudamenyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. Buah-buahan merupakansumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia, sayang kadang kala dilupakan. Dengan penjelasan di atas,semoga buah-buahan tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi.




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar ANDA untuk perbaikan dan kemajuan BLOG ini !!! thanks


No SPAM, No PORNO, No SARA